PENGEMBANGAN BATIK CAP/TULIS KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) SENDARI BATIK & CRAFT PAJANGAN BANTUL D.I. YOGYAKARTA

  • AMELIA PRATIWI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • MIFTAKHUL KHASANAH Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Pajangan; batik cap/tulis; e-commerce.

Abstract

Kegiatan usaha perajin batik cap/tulis di Desa Sendangsari, D.I. Yogyakarta memiliki potensi untuk dikembangkan karena produknya berkualitas baik. Permasalahan utama mereka adalah aspek pemasaran yang relatif terbatas di wilayah D.I. Yogyakarta dan sekitarnya, serta hanya berdasarkan pesanan dari pengepul atau pedagang batik besar. Selain itu ragam produk batik masih terbatas pada kain batik cap/tulis meteran dengan motif masih bergaya tradisional dan kurang bervariasi, serta tidak memiliki merek dagang sendiri. Solusi dari masalah tersebut yaitu melakukan pelatihan dan pendampigna e-commerce, pengembangan motif batik, teknik pengemasan produk dan inovasi design motif batik. Hasil dari kegiatan yaitu terbentuknya kelompok usaha bersama (KUBE) yang bernama KUBE Sendari Batik and Craft. Selain itu ada peningkatan pengetahuan para perajin dalam pengembangan motif dan pewarnaan batik, mampu melakukan diversifikasi produk berupa jilbab dan pasmina dengan motif batik kontemporer dan tradisional, serta sudah memiliki merek yang sama dengan nama kelompok mereka, yaitu Sendari.

Published
2018-10-27