KEMAMPUAN DAN PANDANGAN GURU MATEMATIKA SMP TERKAIT BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI MATEMATIKA

  • TATAG YULI EKO SISWONO Universitas Negeri Surabaya
  • PRADNYO WIJAYANTI Universitas Negeri Surabaya
  • ABDUL HARIS ROSYIDI Universitas Negeri Surabaya
  • AHMAD WACHIDUL KOHAR Universitas Negeri Suarabaya
  • SUGI HARTONO Universitas Negeri Surabaya
Keywords: profesionalisme guru, literasi matematika, berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuandan pandangan guru SMP terkait berpikir kreatif dan literasi matematika. Metode penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitianterdiri dari 60 guru matematika SMP di Sidoarjo. Data diperoleh melalui angket pandangan guru tentang konsep berpikir kreatif matematika dan pembelajarannya, konsep literasi matematika, konsep tugas berbasis literasi matematika dan berpikir kreatif, tugas dan kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika. Analisis dilakukan terhadap validitas dan reliabilitas instrumen angket dan tugas, uji statistik deskriptif rata-rata skor pandangan guru, analisis kesalahan guru dalam menyelesaikan soal berbasis literasi matematika, tingkat kreativitas pemecahan dan pengajuan masalah berbasis konteks yang dilihat dari kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika guru SMP masih rendah pada masalah berbasis literasi matematika, ditunjukkan dengan tingkat kesalahan terbesar pada kesalahan memilih informasi yang relevan, kemampuan berpikir kreatif matematika pada tugas berbasis literasi matematika yang rendah, dan konsepsi guru terhadap konsep literasi matematika dan soal berbasis konteks yang tidak relevan pada beberapa hal, seperti tipe konteks yang digunakan pada soal berbasis literasi matematika dan ruang lingkup literasi matematika.

 

 

Published
2018-10-27