PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PELAYANAN PRIMA BAGI KADER POSYANDU DESA GELAM, CANDI, SIDOARJO

  • HANA CATUR WAHYUNI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • MUDJI ASTUTI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Posyandu; kualitas layanan; pelatihan

Abstract

Posyandu adalah salah satu kegiatan kemasyarakatan yang penting dalam menjaga kesehatan bayi, balita dan ibu hamil. Posyandu dikelola oleh kader posyandu yang berada disekitar posyandu tersebut. Pelayanan kader posyandu merupakan aspek penting dalam keberlanjutan posyandu. Keluhan masyarakat terhadap kurang optimalnya pelayanan kader posyandu merupakan latar belakang kegiatan pelatihan pelayanan prima ini dilaksanakan. Metode pelaksanaannya dilaksanakan melalui 5 tahap yaitu sosialisasi, observasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Pelatihan pelayanan prima dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2018 di balai RW dengan nara sumber Salim Excelent Center (SEC). Hasil pelatihan menunjukkan adanya perubahan pada karakteristik pelayanan oleh kader posyandu dan hal tersebut berdampak positif ada pengunjung posyandu.

Published
2018-10-27