PELATIHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KETERAMPILAN PROSES BAGI GURU-GURU SD WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG

  • JULIANTO . Universitas Negeri Surabaya
  • SURYANTI . Universitas Negeri Surabaya
  • SUPRIYONO . Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Lembar kegiatan peserta didik, Keterampilan proses, kurikulum 2013.

Abstract

Kegiatan pelatihan pengembangan Lembar Kegatan Peserta Didik berbasis keterampilan proses bagi guru sekolah dasar Wonosalam Kabupaten Jombang, bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru dalam mengembangkan, menggunakan, dan mengevaluasi Lembar Kegatan Peserta Didik yang berbasis keterampilan proses dalam kurikulum 2013. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diikuti 150 guru yang terbagi menjadi 8 kelompok. Untuk bidang IPA mendapatkan peserta sebanyak 24 orang yang berasal dari perwakilan sekolah dasar yang ada di Kecamatan Wonosalam Jombang. Metode yang dipakai dalam pelatihan yaitu pleno, penugasan, diskusi, dan presentasi. Data yang dikumpulkan adalah hasil karya peserta dan angket. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar penilaian karya peserta. Sesuai hasil analisis respon peserta diperoleh skor rentang 4 – 5 yang masuk kategori baik – sangat baik dengan rata-rata sebesar 9,53 dan 12,8. Jika hasil tersebut dikalkulasikan dalam persentase, maka respon peserta menunjukkan 93,04%. Untuk hasil karya peserta sudah dikembangkan mendapatkan rentang skor 3 - 5 dengan kategori cukup baik - sangat baik dan indikator kualitas baik, mudah dipahami, perlu penyempurnaan kesesuaian dengan materi dan karakteristik siswa. Berdasarkan hasil dan analisis tersebut keterampilan guru sekolah dasar kecamatan Wonosalam mengalami peningkatan signifikan dan inovasi pembelajaran terutama dalam pengembangan perangkat pembelajaran IPA.

Published
2018-10-27