PENGARUH ROLE TAKING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEDISIPLINAN BERLALU LINTAS PADA REMAJA

  • AMHERSTIA PASCA RINA Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • RAHMA KUSUMANDARI Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • YANTO PRASETYO Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Disiplin, role taking, dukungan sosial

Abstract

Banyaknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan remaja sebagai korban maupun pelaku mengindikasikan perlunya mengkaji tingkat kedisiplinan berlalu lintas pada remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada hubungan antara kemampuan role taking dan dukungan sosial dengan kedisiplinan berlalu lintas pada remaja. Alat ukur yang digunakan adalah skala role taking, skala dukungan sosial, dan skala kedisiplinan berlalu lintas. Penelitian ini melibatkan 292 siswa SMA di Surabaya yang berasal dari 5 SMA Negeri maupun Swasta.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kemampuan role taking dan dukungan sosial dengan kedisiplinan berlalu lintas pada siswa SMA di Surabaya dengan nilai korelasi sebesar 0,712. Nilai r square yang diperoleh sebesar 0,507 menunjukkan bahwa sumbangan dari kemampuan role taking dan dukungan sosial terhadap kedisiplian berlalu lintas sebesar 50,7%. Koefisien regresi dukungan sosial yang diperoleh adalah sebesar 0,449, sedangkan koefisien regresi pada kemampuan role taking sebesar 0,048. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dukungan sosial dari keluarga memberikan pengaruh lebih besar terhadap kedisiplinan berlalu lintas pada remaja.

Published
2018-12-31