PELATIHAN MERAJUT SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT EKS DOLLY BERSAMA UKM “MY KNITTED INDONESIA

  • LIE DEVI SUGIARTO Universitas Kristen Petra
  • LAVENIA EMILIA INNEKE Universitas Kristen Petra
  • ELIZABETH STEPHANIE SUSILO Universitas Kristen Petra
  • SIA ELVINA CHRISTINA Universitas Kristen Petra
  • ERLINA KURNIA CHANDRA Universitas Kristen Petra
Keywords: Rajut; Home decor; Pemberdayaan, Kerajinan

Abstract

Teknik rajut sering dijumpai di kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia fashion, namun sangat jarang ditemui pada produk-produk home decor. Dengan niatan untuk lebih mengenalkan teknik rajut ke dalam dunia interior, kami mengajak salah satu UKM rajut di Surabaya yang juga memberdayakan masyarakat eks Dolly ke dalam kegiatan mereka. Dengan bantuan UKM rajut ini kami membentuk suatu kelompok kecil bernama Our Crochet Society untuk memasarkan produk-produk home decor yang telah dikerjakan oleh UKM tersebut dan masyarakat eks Dolly.

Produk yang dihasilkan Our Crochet Society bisa bermacam-macam dan bisa di custom sesuai dengan keinginan pembeli. Our Crochet Society menyediakan produk home decor berupa bantal karakter yang dikelompokkan ke dalam aksesoris ruang tamu, jampel, tatakan gelas, dan handuk tangan yang dikelompokkan ke dalam aksesoris dapur. Target pemasaran dari Our Crochet Society ini sendiri adalah anak-anak hingga orang dewasa (khususnya perempuan). Metode pemasaran yang digunakan yaitu melalui promosi online dan juga offline (mouth to mouth marketing).

Published
2018-10-27