PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MEDIA LISTENING BAHAN AJAR KELAS X MGMP BAHASA INGGRIS SMA SURABAYA

  • YURI LOLITA LOLITA Universitas Negeri Surabaya
  • HENNY DWI ISWATI Universitas Negeri Surabaya
  • NUR FAUZIA Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pendampingan; penyusunan; media listening.

Abstract

Materi dalam menyusun bahan ajar sangat penting sekali, kesulitan yang dihadapi guru adalah media listening. Penggunaan modul dalam pembelajaran akan mendorong siswa untuk belajar secara mandiri (autonomus learning). Belajar mandiri sangat diperlukan untuk menutupi kelemahan yang terjadi pada pembelajaran di kelas.  Siswa dapat bertanggungjawab terhadap kegiatan belajarnya. Pembelajaran dengan modul sangat berbeda, sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya dan dapat memotivasi siswa ketika pembelajaran. Metode dan kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ini berupa diskusi konsep dan pelatihan. Guru diajari cara memproses audio dengan menggunakan software komputer. Pendampingan tetap dilakukan sampai jumlah audio yang dibutuhkan terpenuhi. Penyuntingan ini dilakukan agar durasi masing-masing materi audio tidak lebih dari 5 menit dan tidak kurang dari 2 menit. Guru menyusun daftar pertanyaan yang harus dijawab siswa dan mendengarkan audio yang disediakan. Semua peserta pelatihan merespon positif terhadap materi yang disampaikan pada kegiatan pelatihan khususnya pada aspek kejelasan materi dan tingkat keterbacaan materi. Sebagian besar peserta (85%) menganggap kegiatan pelatihan ini bermanfaat terutama pada aspek peningkatan kemampuan yang menghasilkan aktifitas pembelajaran dengan menggunakan media listening dan kreatifitas mereka sebagai guru dalam meningkatkan semangat belajar dan kreatifitas siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.

Published
2018-10-27