PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE APPS FOR EDUCATION BAGI GURU-GURU DI MGMP MATEMATIKA SMA KABUPATEN DAN KOTA KEDIRI

  • DIMAS A. MAULANA Universitas Negeri Surabaya
  • YUSUF FUAD Universitas Negeri Surabaya
  • HERY TRI SUTANTO Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pelatihan, Google Apps for Education, Pembelajaran

Abstract

Pergeseran paradigma dari pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif melalui pembelajaran kolaboratif ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya masing-masing. Dalam pembelajaran kolaboratif non-tatap muka (secara daring), siswa memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk memahami dan membangun pengetahuannya masing-masing. Google Apps for Education adalah layanan gratis dari Google yang didedikasikan untuk dunia pendidikan. Layanan tersebut saling bersinergi satu dengan lainnya untuk mempermudah para pengguna Google, khususnya guru untuk membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif. Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru-guru di MGMP Matematika Kabupaten dan Kota Kediri. Target dari kegiatan ini adalah terjadinya kenaikan kurang lebih 50% dalam pengetahuan dan pemahaman bagi guru-guru dalam memanfaatkan Google Apps for Education dalam pembelajaran. Hasil survei awal menunjukkan bahwa 80,6% peserta pelatihan telah menggunakan internet dalam pembelajaran. Pelatihan dikemas dalam bentuk ceramah, demonstrasi & praktik langsung, interaksi dua arah dan pemberian tugas. Setelah dilakukan pelatihan, terjadi peningkatan pemahaman peserta terhadap Google Apps for Education, terjadi kenaikan 55%, dari 45,16% ke 100%. Hal ini juga ditunjang dengan kepuasan para peserta. Tercatat bahwa 71,4% mengaku peserta puas terhadap kegiatan ini dan 14,3% sangat puas. Peningkatan sebesar 34,22% juga terjadi pada pengetahuan peserta dalam mengoperasikan Google Apps for Education. Dengan tercapainya dua target tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini sukses dilaksanakan.

Published
2018-10-27