PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEJARAH BERORIENTASI FUTURE-MY ACTION PLAN (F-MAP) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DIRI SISWA SMA

  • NASUTION . Universitas Negeri Surabaya
  • ARTONO . Universitas Negeri Surabaya
  • EKO SATRIYA HERMAWAN Universitas Negeri Surabaya
  • ROJIL NUGROHO BAYU AJI Universitas Negeri Surabaya
  • RIYADI . Universitas Negeri Surabaya
Keywords: RPP, F-MAP, Berfikir Reflektif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Sejarahdengan model MAP yang dapat digunakan secara praktis oleh guru dalam upaya menumbuhkan kemampuan berpikir reflektif siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Four-D Models (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dari Thiagarajan.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan di sekolah terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS).Hasil penelitian menunjukkan RPP dan LKS bahwa RPP dan LKS berkategori valid.Skor validasi RPP oleh validator ahli diperoleh skor rata-rata 3,5 dan skor LKS diperoleh rata-rata 3,6. Dapat diambil kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran Sejarah berorientasi F-MAP yang dikembangkan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir reflektif diri siswa SMA layak digunakan.

Published
2018-10-27