PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PEMASARAN ONLINE UMKM PENGOLAH TEPUNG TERONG DESA SUKODONO

  • SITI SRI WULANDARI Universitas Negeri Surabaya
  • BAMBANG SURATMAN Universitas Negeri Surabaya
  • TRIESNINDA PAHLEVI Universitas Negeri Surabaya
  • TRI SUDARWANTO Universitas Negeri Surabaya
Keywords: produktivitas, pemasaran, peningkatan pendapatan.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peningkatan produktivitas olahan dari tepung terong dan strategi pemasaran yang digunakan pelaku usaha UMKM dalam memasarkan produknya yang berbahan dasar tepung terong di desa Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Tujuan penelitian terapan ini adalah untuk mengukur peningkatan hasil produk olahan tepung terong melalui pemasaran online berupa blog, you tube, instagram  yang berorientasi pada kewirausahaan di Desa Sukodono serta manfaat media online bagi pemasar dan masyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengembangan dan action research. Adapun teknik pengambilan datanya adalah Focus Group Discussion (FGD) dengan subyek penelitian sebanyak 10 orang, yaitu diutamakan pelaku usaha mikro (UMKM). Hasil penelitian menggunakan analisis data presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas  jumlah tepung terong yang dihasilkan setiap triwulan mengalami kenaikan sebesar 50%, sedangkan pelaku UMKM paling banyak menggunakan Facebook yaitu sebesar 90% sebagai media online yang digunakan untuk memasarkan produknya.

Published
2018-10-27