WORKSHOP KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENDISAIN SOAL LITERASI MATEMATIKA

  • PRADNYO WIJAYANTI Universitas Negeri Surabaya
  • SHOFAN FIANGGA Universitas Negeri Surabaya
  • ABDUL HARIS ROSYIDI Universitas Negeri Surabaya
  • ABDUL HARIS ROSYIDI Universitas Negeri Surabaya
  • TATAG YULI EKO SISWONO Universitas Negeri Surabaya
Keywords: workshop; literasi matematika; SMP.

Abstract

Kemampuan literasi di bidang matematika menjadi salah satu fokus pada Kurikulum 2013 yang berlaku di Indonesia saat ini. Berdasarkan data yang diperoleh dari pre-test pada guru SMP, hampir sebagian besar guru pada tingkat tersebut tidak memberikan variasi soal non rutin terutama soal-soal yang melibatkan literasi matematika. Hal ini disebabkan karena guru-guru sendiri masih belum mencoba mengerjakan dan menyusun soal-soal non-rutin tersebut. Oleh karena itu, perlu dilaksanakn upaya peningkatan kemampuan guru dalam mendisain soal literasi. Workshop kolaboratif penulisan soal literasi matematika bagi guru matematika ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pemaparan, sosialisasi mengenai literasi matematika di tingkat SMP dan tahap kolaboratif penulisan soal literasi matematika. Soal-soal yang sudah disusun oleh peserta workshop sebagian besar berada pada level konteks aplikasi riil dengan sedikit peserta yang mampu membuat level konteks yang melibatkan asumsi tambahan.

Published
2018-10-27