MODEL PENILAIAN TERINTEGRASI PEMBELAJARAN TEMATIK DAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR

  • ANDI WIBOWO Universitas Negeri Surabaya
  • TETY NUR CHOLIFAH Universitas Negeri Surabaya
Keywords: penilaian integratif, pembelajaran tematik, literasi

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 di tingkat sekolah dasar mengubah paradigma pembelajaran terpisah tiap mata pelajaran menjadi pembelajaran tematik integratif. Selain itu, pada Kurikulum 2013 revisi tahun 2017 menambahkan aspek capaian kurikulum diantaranya kompetensi, karakter, dan literasi. Capaian kurikulum berupa aspek literasi menjadi tantangan pendidik karena merupakan aspek baru. Hal tersebut menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tematik salah satunya pada penilaian pembelajaran. Pada artikel ini akan dibahas cara mengintegrasikan penilaian pembelajaran tematik dan literasi. Harapannya melalui artikel ini dapat gambaran para pendidik untuk berinovasi dalam penyusunan instrumen penilaian pembelajaran tematik dan literasi yang mengacu pada Kurikulum 2013.

Published
2018-10-27