PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MEREDUKSI KESALAHAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XII IPA PADA KONSEP PEMBELAHAN SEL

  • FRIDA MARYATI YUSUF Universitas Negeri Surabaya
  • YOLAN DUNGGIO Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Penelitian Pengembangan, Kualitas Pembelajaran, Kesalahan Konsep.

Abstract

Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang layak digunakan untuk mereduksi kesalahan konsep siswa kelas XII IPA SMA Negeri Limboto Barat pada konsep pembelahan sel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi terlebih dahulu sebelum digunakan pada tahap pengujian kepraktisan dan keefektifannya. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data validitas menggunakan kriteria yang dikemukakan Lawshe di mana 2 orang dari 3 orang ahli, telah memberikan kesimpulan akhir dengan pernyataan layak digunakan (LD), menggunakan rumus content validity ratio (CVR). Analisis data keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan respon siswa  dilakukan terhadap hasil pengamatan/observasi. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttes, yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa, dianalisis menggunakan rumus gain ternormalisasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan kriteria sangat valid Skor rata-rata validator untuk RPPsebesar 43,67 dan LKPD sebesar 198,67. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada uji coba terbatas menunjukkan kriteria baik. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada uji coba terbatas, berdasarkan perhitungan N-gain menunjukkan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi syarat validitas, kepraktisan, dan keeefektifan, sebagai ukuran kualitas perangkat pembelajaran dan dapat mengurangi kesalahan konsep peserta didik pada konsep pembelahan sel

Published
2018-10-27