PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK ISLAMI BERBASIS TRADITIONALECOLOGICAL KNOWLEDGE (TEK) UNTUK MENUNJANG PENGUATAN KARAKTER PADA ANAK SERTA MENUMBUHKEMBANGKAN KECINTAAN LINGKUNGAN PADA MAHASISWA MATAKULIAH BAHASA INDONESIA DI AKADEMI FARMASI SURABAYA

  • NURIA RENY HARIYATI Universitas Negeri Surabaya
  • HETTY PURNAMASARI Universitas Negeri Surabaya
  • HESPI SEPTIANA Universitas Negeri Surabaya
  • ANAS AHMADI Universitas Negeri Surabaya
Keywords: : Buku cerita anak, Traditional Ecologycal Knowledge, Penguatan Karakter

Abstract

Penelitian tentang buku cerita anak islami berbasis lingkungan di Indonesia masih jarang dilakukan. Hal ini ditandai dengan masih minimnya artikel jurnal ataupun buku-buku pengembangan tentang buku cerita anak islami. Berkait dengan hal tersebut, penelitian “Implementasi Buku Cerita Anak Islami Berbasis Traditional Ecological Knowledge (TEK) untuk Menunjang Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak serta Menumbuhkembangkan Kecintaan pada Lingkungan”  sangat penting dilaksanakan  dalam rangka (1) pengenalan buku cerita anak yang islami, (2) pengenalan traditional ecological knowledge pada anak; dan (3) penguatan pendidikan karakter serta penumbuhkembangan rasa cinta pada lingkungan. Selain itu, penelitian ini penting untuk dilakanakan  agar anak-anak Indonesia memahami pelestarian lingkungan hidup dan cinta pada lingkungan.Penelitian ini menggunakan  rancangan penelitian pengembangan model siklus pengembangan  instruksionaloleh Fenrich. Siklus pengembangan instruksional tersebut meliputi fase analysis (analisis), planning (perencanaan), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), serta evaluation and revision (evaluasi dan revisi). Untuk memperoleh data tentang pengembangan cerita anak islami berbasis traditional ecologycal knowledge digunakan teknik (1) menggali cerita-cerita anak dari daerah (buku/lisan), (2) menulis draft buku cerita anak berbasis traditional ecologycalknowledge, (3) revisi draf, dan (4) pelaporan hasil.   Penilaian yang didapat dari mahasiswa dan ahli dalam hal kelayakan isi memiliki rata-rata (1) materi yang disajikan mencakup semua materi yang berkait dengan cerita anak islami berbasis traditional ecological knowledge 3,83 dengan kategori berkualitas, (2) materi yang disajikan sesuai dengan konteks lingkungan 4,16 dengan kategori berkualitas, (3) penyajian buku memudahkan untuk memahami cerita anak 4,08 dengan kategori berkualitas,(4) bahasa yang digunakan sesuai bidang kepenulisan 3,75 dengan kategori berkualitas, (5) isi buku memudahkan memahami cerita anak islami 4,25 dengan kategori sangat berkualitas (6) materi buku menambah ilmu pengetahuan tentang cerita anak islami 4,41 dengan kategori sangat berkualitas. Penilaian yang didapat dari mahasiswa dan ahli dalam hal komponen kegrafikan memiliki rata-rata (1) ukuran buku proporsional dengan kategori umum 3,50 dengan kategori berkualitas, (2) kulit buku menarik untuk pembaca 3,33 dengan kategori cukup berkualitas, (3) isi proporsional sesuai dengan pembaca umum 3,66 dengan kategori berkualitas,(4) tingkat keterbacaan teks 3,75 dengan kategori berkualitas. Penilaian yang didapat dari mahasiswa dan ahli dalam hal komponen bahasa memiliki rata-rata (1) bahasa sederhana dan lugas 4,00 dengan kategori berkualitas, (2) bahasa yang digunakan membangkitkan rasa senang pembaca3,66 dengan kategori berkualitas, (3) bahasa yang digunakan komunikatif 4,08 dengan kategori berkualitas,(4) bahasa yang digunakan sesuai kaidah bahasa Indonesia 4,08 dengan kategori berkualitas.

Published
2018-10-27