PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA MATA KULIAH TEKNIK PELAPISAN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT-UNESA

  • ARYA MAHENDRA SAKTI Universitas Negeri Surabaya
  • DYAH RIANDADARI Universitas Negeri Surabaya
  • HANNA ZAKIYYA Universitas Negeri Surabaya
  • ADITYA PRAPANCA Universitas Negeri Surabaya
Keywords: teknik pelapisan, media pembelajaran, jiwa kewirausahaan

Abstract

Tantangan umum pembangunan bidang pendidikan adalah bagaimana membangun sistem pendidikan agar semakin mampu membentuk manusia dan masyarakat yang maju dan mandiri serta tanggap menghadapi perubahan zaman, perkembangan Iptek dan tuntutan pembangunan. Perguruan tinggi haruslah mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu bersaing dalam mengantisipasi segala tantangan. Pembelajaran secara langsung di lapangan melalui media pembelajaran praktek sangat diperlukan oleh sebagian besar mahasiswa, akan tetapi hal itu belum lengkap apabila tidak disertai dengan aplikasi kewirausahaan di lapangan. Perlunya media pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin Unesa dengan menekankan pada pemberian pengalaman langsung berbasis kewirausahaan adalah sangat tepat untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha di dunia nyata dalam bermasyarakat dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Oleh karena itu pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran di jurusan teknik mesin pada mata kuliah teknik pelapisan adalah penerapan media pembelajaran praktek berbasis kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah, dimana mahasiswa dibentuk kelompok kecil untuk memperagakan media pembelajaran praktek dan berwirausaha di lapangan,  agar dapat berinteraksi di lapangan dengan UKM untuk memecahkan masalah yang efektif di dalam masing-masing kelompok mereka. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 2015 Produksi Jurusan Teknik Mesin FT-Unesa yang memprogram  mata kuliah Teknik Pelapisan. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kewirausahaan membuat mahasiswa lebih antusias, kreatif dan inovatif. 2) Penggunaan pembelajaran dengan pendekatan kewirausahaan dapat meningkatkan 92% motivasi mahasiswa. 3) Pembelajaran dengan metode kewirausahaan lebih disukai mahasiswa karena banyak pengalaman lapangan.

Published
2018-10-27