PENGEMBANGAN PERMAINAN ENGKLEK MODERN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KECANDUAN GAME DI SMARTPHONE

  • Indaria Tri Hariyani Universitas Negeri Surabaya
  • Norma Diana Fitri Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Permainan engklek modern, kemampuan fisik motorik, anak usia dini dan kecanduan gamedismartphone.

Abstract

Penggunaan smartphone saat ini sudah sangat meluas hingga pada anak usia dini. Fakta empiris meningkatnya kecanduan game di smartphone terhadap anak usia dini di Indonesia. Menurut hasil observasi yang dilakukan kepada beberapa keluarga di salah satu daerah di Yogyakarta pada tahun 2016, menunjukan sejak menggunakan smartphone, ketika di rumah anak menjadi susah diajak berkomunikasi, tidak peduli dan kurang berespon pada saat orang tua mengajaknya berbicara. Hal ini tidak mungkin dihindari, tapi perlu ada upaya untuk meminimalisir dampak negatif dari pengggunaan smartphone.Dalambentuk upaya tersebut seorang guru atau orang tua dapat mengemas kegiatan pembelajaran semenarik mungkin agar anak merasakan nyaman dan aman untuk belajar/mengikuti proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK). Pembelajaran anak usia dini masih dalam kondisi bermain yang perencanaannya meliputi hal-hal yang menarik dan menyenangkan. Permainan engklek modern sangat penting peranannya untuk menunjang aspek perkembangan terutama pada kemampuan fisik motorik anak usia dini.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan engklek modern untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak usia dini sebagai upaya mengurangi kecanduan game di smartphone. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa TKB Al– Isyhar Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Adapun tahapan kegiatan penelitian ini sebagai berikut: (1) melakukan analisis pembelajaran, (2) menentukan tujuan umum pembelajaran, (3) memilih metode, media dan materi, (4) memanfaatkan media, (5) anak memerlukan partisipasi, (6) evaluasi dan revisi. Kemudian permainan engklek modernyang dihasilkan diujicobakan kepada kelompok TK B sebanyak 25 anak di TK Al– Isyhar Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatan kemampuan fisik motorik anak usia dinisebagai upaya mengurangi kecanduan game di smartphonesetelah kegiatan pembelajaran. Instrument yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini meliputi: (1) angket, (2) pedoman wawancara, (3) lembar observasi, (4) tes. Data yang dihasilkan akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan uji t.Target luaran hasil penelitian berupa: (1) Permainan engklek modern yang dikembangkan (2) publikasi hasil penelitian berupa artikel pada jurnal nasional

Published
2018-10-27