PERLUASAN PANGSA PASAR UKM KOPI MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE

  • MUSDHOLIFAH . Universitas Negeri Surabaya
  • HARTI . Universitas Negeri Surabaya
  • ULIL HARTONO Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kopi; Pemasaran; Online; Pasuruan

Abstract

Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan potensi bidang pertanian dan perkebunan yang sangat besar. Salah satunya bisa ditunjukkan dengan potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Tutur. Potensi terbesar kecamatan Tutur adalah perkebunan kopi yang dapat menghasilkan biji kopi robusta dan arabika. Kopi sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Pasuruan perlu mendapat perhatian lebih karena meskipun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan daerah lain, namun namanya belum banyak dikenal oleh masyarakat luas sehingga pangsa pasarnya masih sangat terbatas. Berdasarkan fenomena diatas, kegiatan IbPUD kopi di tahun kedua ini difokuskan pada peningkatan pangsa pasar kopi melalui pelatihan pemasaran online. Metode pelaksanaan kegiatan berupa pembuatan web bagi mitra dan pelatihan pengisian website untuk pemasaran produk mitra. Hasil dari kegiatan ini adalah dimilikinya website bagi masing-masing mitra dan dimilikinya pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam mengelola website untuk dijadikan wadah pemasaran bagi produk-produk yang mereka hasilkan. Dari hasil kegiatan ini diharapkan cakupan pemasaran kopi Pasuruan menjadi lebih luas dan lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Published
2018-10-27