DISCOVERY CHANNEL: PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI BANGUN DATAR

  • FLAVIA AURELIA HIDAJAT Universitas Negeri Surabaya
  • BACHTIAR IRAWAN HIDAJAT Universitas Negeri Surabaya
Keywords: channel; lembar kerja siswa (LKS); penemuan terbimbing; bangun datar

Abstract

Tujuan penelitian ini terfokus pada pengembangan produk lembar kerja siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun datar kelas III SD dengan kriteri valid dan praktis yang dapat membangun pemahaman siswa. Subjek adalah siswa kelas III SDN Kebonsari Kulon V Probolinggo. Metode penelitian didasarkan pada lima fase dari model Plomp (Hobri, 2010) yang mencakup fase investigasi awal; fase desain; fase realisasi; fase tes validasi, evaluasi, revisi, serta fase implementasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi produk, lembar angket respon dari siswa, serta lembar kerja siswa (secara tertulis). Teknik analisis data berupa deskriptif naratif. Analisis data dilakukan dengan uji validasi dari expert judgement dan uji kepratisan dari angket siswa. Hasil analisis data dari uji validasi menunjukkan bahwa produk berada pada kriteria “sangat valid” dengan persentase 89,81%; sedangkan hasil analisis data dari uji kepraktisan menunjukkan bahwa produk berada pada kriteria “sangat praktis” dengan persentase 89%. Hasil penelitian berupa produk LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis dalam membangun pemahaman konsep matematika pada siswa dengan mencakup beberapa tahapan yaitu, tahap refleksi, tahap eksperimen secara terbuka, tahap eksperimen secara mandiri, tahap penemuan konsep baru, dan tahap kesimpulan.

Published
2018-10-27