PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAHYANG MENGIKUTI PAUD DAN TIDAK MENGIKUTI PAUD

  • INDRA FAJARWATI IBNU Universitas Negeri Surabaya
  • UMNIYAH SALEH Universitas Negeri Surabaya
  • HEALTHY HIDAYANTI Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Perkembangan sosial, pendidikan usia dini, anak pra sekolah

Abstract

Perkembangan sosial anak mulai agak kompleks ketika anak menginjak usia 3 tahun karena anak mulai memasuki ranah pendidikan yang paling dasar yaitu taman kanak-kanak.Perkembangan sosial anak diperoleh dari kematangan dan kesempatan belajar dari berbagai respons lingkungan terhadap anak. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk upaya untuk melakukan stimulasi terjadap perkembangan social anak pra sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perkembangan social anak usia pra sekolah yang mengikuti PAUD dan yang tidak mengikuti PAUD. Jenis Penelitian adalah observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional dengan tehnik pengambilan sampel yaitu random sample (probability samples) Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan perkembangan social pada anak usia pra sekolahyang mengikuti pendidikan usia dini dan tidakpendidikan usia dini secara signifikan (p.0,0025).

Published
2018-10-27