PENDEKATAN INTERDISIPLINER DALAM KONTEKS KEPENULISANSEMNAS PPM 2018

  • SYAMSUL SODIQ Universitas Negeri Surabaya
  • SLAMET SETIAWAN Universitas Negeri Surabaya
  • YUNI PRATIWI Universitas Negeri Surabaya
  • ANAS AHMADI Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Psychowriting, psikologi kepribadian, pembelajaran menulis

Abstract

Selama ini pembelajaran menulis banyak ditinjau dari berbagai perspektif, baik fragmentaris dan/atau integratif (studi monodisipliner), studi interdisipliner, dan studiĀ  multidisipliner. Dalam artikel ini dipaparkan praktik pembelajaran menulis berbasis psychowriting di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univeristas Negeri Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran menulis berbasis psychowriting meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa, meningkatkan efektivitas menulis mahasiswa, dan meningkatkan pemahahaman terhadap psikologi kepribadian mahasiswa.

Published
2018-10-27