ANALISIS ETNOMATSAINS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LAWEYAN

  • EMA BUTSI PRIHASTARI Universitas Negeri Surabaya
  • RATNA WIDYANINGRUM Universitas Negeri Surabaya
Keywords: etnomatsains, tematik, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatsains yang bisa dijadikan materi pembelajaran SD. Analisis ini dapat dijadikan studi pendahuluan tentang muatan matematika dan IPA yang diintegrasikan dengan kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif-deskriptif. Fokus penelitian dilaksanakan di kecamatan Laweyan. Sumber data didapat dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Keabsahan data didapat dari triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi hingga editing dan klasifikasi data. Hasil studi kearifan lokal didapatkan 4 (empat) lokasi, yaitu Kampoeng Batik Laweyan, Pasar Jongke, Pasar Kabangan, dan kegiatan kesenian. Pemetaan materi untuk muatan matematika meliputi: geometri, bilangan, pecahan, dan pengukuran. Muatan IPA meliputi: pencemaran lingkungan, makanan dan kesehatan, wujud benda, dan bunyi. Empat lokasi yang ada di kecamatan Laweyan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan budaya lokal dalam muatan matematika dan IPA secara bersamaan pada siswa SD.

Published
2018-10-27