PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

  • MOH. ROCHMAN WAHID MAULANA Universitas Negeri Surabaya
  • I GUSTI PUTU ASTO BUDITJAHJANTO Universitas Negeri Surabaya
  • SUPARI MUSLIM Universitas Negeri Surabaya
Keywords: virtual reality, hasil belajar, dan pemrograman berorientasi objek.

Abstract

Siswa menganggap Pemrograman Berorientasi Objek merupakan mata pelajaran yang sulit, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Mengatasi kendala tersebut dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat merangsang kreatifitas siswa, menumbuhkan minat belajar, serta membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode 4-D yaitu define, design, develop, dan

disseminate.

Berdasarkan alasan tersebut di atas maka masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana kevalidan media pembelajaran berbasis virtual reality pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek?; dan (2) bagaimana respon siswa SMK Negeri Bangkalan pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality?

Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) kevalidan media pembelajaran berbasis virtual reality pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek; dan (2) respon siswa SMK Negeri 2 Bangkalan pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan menggunakan media pembelajaran berbasis virtual reality.

Published
2018-10-27