IDENTIFIKASI KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP DI KABUPATEN JEMBER

  • ASIYAH HANDAYANTI Universitas Jember
  • LISTI ROHMATIKA Universitas Jember
  • INDI ATMA AYUDATAMI Universitas Jember
  • SITI NUR INDAH SARI Universitas Jember
Keywords: IPA, indikator, problem based instruction

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam  termasuk mata pelajaran wajib di SMP yang mana IPA merupakan Ilmu Pengetahuan Alam yang berkaitan dengan lingkungan.  Adapun pokok pembahasan dalam artikel kali ini yaitu tentang bagaimana mengidentifikasi keterampilan berfikir kritis siswa SMP khususnya di Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini diharapkan siswa memiliki keterampilan berpikir kritis pada materi IPA untuk siswa SMP di Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan metode penelitian studi literatur yang di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. bahwa berfikir kritis siswa atau proses berfikir merupakan suatu pengalaman memproses persoalan untuk mendapatkan dan menentukan suatu gagasan yang baru sebagai jawaban dari persoalan yang dihadapi. Sehingga berfikir kritis merupakan penilaian kritis terhadap kebenaran fenomena atau fakta. Berdasarkan  refrensi yang diperoleh  Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa, maka diperlukan indikator – indikator yang mampu mengukur kemampuan tersebut. indikator untuk mengukur kemampuan analisis ialah fokus pada ide utama, menganalisis argumen, serta membandingkan dan mengkontraskan. Dalam proses pembelajaran tingkat keterampilan siswa untuk berfikir kritis masih rendah. Oleh karena itu model problem based instruction dapat digunakan untuk meningkatkan berfikir kritis siswa SMP dalam menemukan dan menyelesaikan sebuah masalah.

Published
2018-10-27