PENINGKATAN DAYA SAING MITRA PENGUSAHA BAKSO MELALUI PELATIHAN PRODUKSI DAN PERANCANGAN SARANA PROMOSI

  • IGNASIUS RADIX AP JATI Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • THOMAS INDARTO PUTUT SUSENO Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • THERESIA INTAN PUTRI HARTIANA Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Keywords: abdimas, bakso, mitra

Abstract

Bakso adalah makanan populer terbuat dari daging sapi yang dihaluskan bersama tepung dan bumbu-bumbu dan dikonsumsi bersama dengan kuah. Karena disukai oleh banyak orang, usaha penjualan bakso banyak dilakukan oleh pengusaha skala kecil dan mikro. Mitra sebagai target dalam kegiatan pengabdian masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diusulkan ini adalah kelompok masyarakat yang produktif secara ekonomi (usaha mikro). Terdapat 2 pengusaha mikro di bidang usaha penjualan bakso yang menjadi target PKM ini. Metode yang dilakukan untuk PKM ini adalah dengan melakukan orientasi laboratorium untuk pengembangan produk bakso dan mie serta penggunaan media sosial untuk promosi. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan di laboratorium dengan mengundang mitra. Untuk menjamin keberlangsungan monitoring, mitra dimasukkan ke dalam binaan Fakultas Teknologi Pertanian. Luaran dari program ini untuk mitra adalah  kemampuan untuk melaksanakan proses sanitasi dengan baik dan benar, kemampuan memilih daging sapi pada bagian badan sapi yang tepat dan kondisi fase daging yang tepat, menghasilkan produk bakso berbagai jenis, formulasi pembuatan bakso yang baik, produk mie dengan parameter yang baik, video promosi mitra serta akun media sosial. Luaran lain adalah peningkatan penerapan iptek di masyarakat, dan perbaikan tata nilai kesehatan masyarakat.

Published
2018-10-27