ANALISIS KESULITAN METAKOGNISI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI PROGRAM STUDY PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BALIKPAPAN

  • RAHAYU SRI WASKITONINGTYAS Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)kesulitanmetakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah Trigonometri Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan, dan (2) faktor-faktor penyebab kesulitanmetakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah Trigonometri Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subyek penelitian dilakukan secara purposive sampling, mahasiswa yang diberikan soal trigonometri adalah mahasiswa pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini dilakukan triangulasi sumber dan teknik.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi danĀ  penegasan kesimpulan.BerdasarkanĀ  Indikator Metakognisi diperoleh bahwa pada aspek perencanaan diperoleh bahwa sebanyak 42,105%. Sama halnya dengan aspek pemantauan diperoleh sebanyak 42,105%. Pada aspek penilaian diperoleh 15,790%. Faktor dari dalam dalam diri mahasiswa yaitu keterampilan mahasiswa dalam membuat rencana masalah, keterampilan mahasiswa dalam melakukan penyelesaian masalah atau pemantauan penyelesaian masalah dengan soal yang ditanyakan, dan pengetahuan mahasiswa tentang pemahaman konsep trigonometri. Sedangkan Faktor dari luar diri mahasiswa adalah kurangnya bahan bacaan yang dimiliki mahasiswa dan referensi mahasiswa tentang materi trigonmetri sedikit.

Published
2018-10-27