PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMBACA TEXT BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS ISLAM MADURA (UIM) PAMEKASAN

  • SITTI MUKAMILAH Universitas Negeri Surabaya
  • SUPANDI . Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review), Kemampuan membaca teks bahasa inggris.

Abstract

Bahasa merupakan komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa melanjutkan kelangsungan hidup mereka dengan baik dan teratur tanpa adanya bahasa. Mereka tidak bisa berinteraksi dengan mudah dan baik jika mereka tidak menguasai bahasa antara satu sama lain dan dengan tidak adanya kesinambungan tersebut mereka juga tidak dapat menangkap ekspresi kejiwaan maupun keinginan yang diutarakan oleh lawan komunikasinya. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan disebabkan rendahnya kemampuan mahasiswa khususnya Fakultas Agama Islam (FAI) dalam membaca text bahasa inggris dan hal tersebut menjadi masalah yang dominan dalam penelitian ini. Seorang pengajar merupakan manusia biasa yang tidak luput dari segala kekurangan dan keterbatasan yang meliputi keterbatasan ilmu pengetahuan, manajemen/pengelolaan kelas, serta keterbatasan dalam memahami karakter masing-masing peserta didiknya. Pembelajaran membaca memang mempunyai peranan penting sebab melalui pembelajaran membaca, guru atau dosen dapat mengembangkan nilai-nilai moral, kemampuan bernalar dan kualitas peserta didik. Survey, Question, Read, Recite dan Review (SQ3R) merupakan salah satu bagian dari sebuah metode elaborasi. Seorang pengajar mengharapkan peserta didik/mahasiswa mampu mengingat apa yang mereka baca, dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca text Bahasa Inggris sehingga pembelajaran bisa lebih menantang dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kuantitatif yakni penilitian eksperimental, peneliti akan mengukur pengaruh dan sebab akibat antara variabel X yang berupa metode SQ3R dengan variabel Y yaitu kemampuan mahasiswa dalam membaca text Bahasa Inggris di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan.Secara teori hasil dari penelitian peningkatan kemampuan mahasiswa dalam membaca text Bahasa Inggris yaitu lebih besar dengan nilai t table sebesar 5,356, yang berarti bahwa metode SQ3R dapat diterapkan dalam kegiatan perkuliahan matakuliah Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menguasai reading comprehension pada  English of  Islamic Text. Mahasiswa dapat mendapatkn informasi lebih cepat dan pesan yang terkandung dalan text. Mahasiswa FAI lebih percaya diri dalam  membaca text bahasa inggris dikarenakan bahasa inggris merupakan salah satu matakuliah yang sulit untuk fakultas Agama Islam.

Published
2018-10-27