PENGEMBANGAN MENULIS KREATIF KONTEKS PSIKOLOGI KEPRIBADIAN

  • DARNI . Universitas Negeri Surabaya
  • MURDIYANTO . Universitas Negeri Surabaya
  • ANAS AHMADI Universitas Negeri Surabaya
Keywords: model menulis integratif, psikologi menulis indikator myers-briggs, proses menulis

Abstract

Belajar menulis selama ini banyak dilihat dari berbagai perspektif, baik fragmentaris dan / atau integratif (studi monodisiplin), studi interdisipliner, dan studi multidisiplin. Artikel ini menjelaskan hubungan psikologi dengan menulis (dalam kerangka interdisipliner). Melalui pasangan keduanya, psikologi dan tulisan termasuk dalam kerangka strategi penulisan, diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan menulis konteks akademik dan non-akademik. Ada 4 tahap dalam pengembangan menulis kreatif ini,  (1) pramenulis, (2) proses menulis awal, (3) perlakuan, menulis kreatif dengan  Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), dan (4) evaluasi. Hasil pengembangan menulis kraetif dengan MBTI menunjukkan bahwa tulisan mahasiswa berupa cerita pendek berbahasa Jawa menjadi maksimal setelah tahap evaluasi,  yakni dengan evaluasi diri sendiri, sejawat, dan  profesional. 

Published
2018-10-27