PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA “PAPAN BILANGAN” UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

  • DYAH TRI WAHYUNINGTYAS Universitas Negeri Surabaya
  • NURY YUNIASIH Universitas Negeri Surabaya
  • PUTRI AYU ANDANI Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pendekatan CTL, Keaktifan Belajar, Media

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SD. Penelitian mengunakan penerapan pendekatan CTL berbantuan media “papan bilangan” untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika materi nilai tempat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Banjarejo. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian, peneliti membuat rencana pembelajaran dan media “papan bilangan” yang dirancang serta disepakati oleh guru kelas, pembimbing serta peneliti, kemudian diterapkan ke siswa kelas III SDN 3 Banjarejo. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari angket yang di isi oleh siswa, lembar observasi yang dilakukan guru, serta wawancara dan dokumentasi yang dilakukan saat penelitian. Penerapan pendekatan CTL berbantuan media “papan bilangan” dikatakan sangat dapat meningkatkan keaktifan siswa karena hasil penelitian dari siklus 1 hingga siklus 2 meningkat yaitu siklus 1 presentase keaktifan siswa 70% aktif dan siklus 2 sangat meningkat yaitu 91% sangat aktif yang menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL berbantuan media “papan bilangan” sangat membantu meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Published
2018-10-27