PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN KEDIRI

  • SUSANAH . Universitas Negeri Surabaya
  • JANET T MANOY MANOY Universitas Negeri Surabaya
  • ISMAIL . Universitas Negeri Surabaya
  • RINI SETIANINGSIH Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pelatihan, media pembelajaran, pembelajaran matematika

Abstract

Kegiatan pelatihan penggunaan media pembelajaran matematika ini bertujuan untuk membantu 52 guru yang mengajar di SD Gugus 03 Mojoroto Kediri dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajarannya.  Hal ini berkaitan dengan penerapan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan serentak pada tahun ajaran 2015/2016, dalam pembelajaran guru diharapkan menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan kenyataan yang ada di SD Gugus 03 Mojoroto Kediri, kebanyakan guru-gurunya masih kebingunan untuk menggunakan media pembelajaran untuk  menyampaikan materi pelajaran di kelas. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap yang pertama adalah pemaparan dan sosialisasi pembuatan media pembelajaran dan hal-hal yang terkait dengannya. Tahap yang kedua adalah pendampingan simulasi  cara penggunaan media pembelajaran matematika. Pada kegiatan ini, peserta  dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk pendampingan simulasi  cara penggunaan media pembelajaran matematika. Pelaksanaan pendampingan penggunaan media pembelajaran yang dilaksanakan dievaluasi menggunakan angket respon pelaksanaan kegiatan. Terdapat  80% dari 52 peserta menyatakan bahwa  kegiatan pelatihan penggunaan media pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk membantu proses pembelajaran matematika di kelas.  Semua  peserta menyatakan PKM ini merupakan kegiatan yang positip dan menambah wawasan bagi peserta pelatihan. Respon yang diberikan peserta pelatihan ini positip dan guru-guru ingin diadakan pelatihan atau workshop lanjutan.

Published
2018-10-27