MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MELALUI RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF DAN INSTRUMENT PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS WEB

  • DEWANTO . Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Perangkat pembelajaran, Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi

Abstract

Lulusan Pendidikan Vokasi  (PV)  Indonesia secara umum kompetensi teknis (hardsklill-nya) cukup baik, tetapi softskill-nya lemah, terutama kemampuan komunikasi, dan  kolaborasinya. Hal ini terjadi karena proses pembelajarannya terlalu menekankan pada hardskill, sementara softskill-nya sering terabaikan. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini diduga kuat sebagian besar lulusan PV Indonesia kalah bersaing dengan tenaga-tenaga kerja asing yang dikenal memiliki hardskill dan softskill yang lebih baik. Oleh karena itu, agar lulusan PV Indonesia mampu bersaing, dosen sebagai pencetak tenaga kerja lulusan PV dituntut untuk senantiasa mampu mengembangkan dan menggunakan perangkat pembelajaran yang inovatif sehingga mampu mencetak lulusan yang tidak hanya baik dalam penguasaan  hardskill, tetapi juga baik dalam penguasaan softskill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan softskill mahasiswa peserta program PV terutama kemampuan komunikasi, dan kolaborasinya. Metode yang digunakan yaitu dengan mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif, dan menerapkannya dalam pembelajaran. Untuk mengembangan perangkat pembelajaran digunakan pendekatan four-D model. Adapun yang dikembangkan perangkatnya adalah mata kuliah Praktek Fabrikasi. Dari pelaksanaan penelitian dihasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Perkuliahan Semester (RPS), media pembelajaran (modul), perangkat penilaian autentik berbasis WEB, dan kemampuan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa meningkat secara signifikan.

Published
2018-12-13