PENGGUNAAN TRAINER MOTOR SERVO DALAM PRAKTIKUM MATA KULIAH DASAR SISTEM PENGATURAN DI LABORATORIUM SISTEM KENDALI TEKNIK ELEKTRO UNESA

  • ENDRYANSYAH . Universitas Negeri Surabaya
  • PUPUT WANARTI RUSIMANTO Universitas Negeri Surabaya
Keywords: ranah kognitif; ranah afektif; ranah psikomotor; trainer motor servo

Abstract

Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dalam memahami teknik pengaturan dan karakteristik motor servo menggunakan Trainer Motor Servo. Trainer motor servo digunakan sebagai penunjang praktikum untuk mata kuliah Teknik Pengaturan di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Objek yang diteliti adalah trainer motor servo hasil rancangan yang telah tervalidasi. Responden penelitian terdiri dari 43 mahasiswa Teknik Elektro Unesa semester 3 angkatan 2014. Instrumen penelitian terdiri atas angket untuk mahasiswa, soal posttest. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji hasil belajar mahasiswa menggunakan trainer motor servo digunakan uji normalitas dan uji signifikansi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, Hasil belajar ranah kognitif mahasiswa (µ=81,3) lebih besar dari 66 atau dapat dikatakan bahwa hasil belajar kogitif mahasiswa tuntas. Kedua, hasil belajar afektif mahasiswa (µ=80,2) lebih besar dari 66 atau dapat dikatakan bahwa hasil belajar afektif mahasiswa tuntas. Ketiga, hasil belajar psikomotor mahasiswa (µ=81,3) lebih besar dari 66 atau dapat dikatakan bahwa hasil belajar psikomotor mahasiswa tuntas. Dengan demikian, trainer motor servo efektif digunakansebagai sarana pembelajaran praktik teknik pengaturan di laboratorium sistem kendali teknik elektro unesa.

Published
2018-10-27