PEMETAAN DALAM PENGUKURAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA INDUSTRI KREATIF DI JAWA TIMUR

  • GENDUT SUKARNO Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
  • WULAN RETNO WIGATI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
  • SULASTRI IRBAYUNI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
  • MAS ANIENDA TIEN FITRIYAH Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Keywords: Intellectual Capital, Human Capital, Structural Capital, Relational Capital, Spider Plot, industri kreatif.

Abstract

Dalam konteks dengan persaingan global, persaingan tidak saja terjadi di dunia industri dan perdagangan, tapi juga berlaku bagi usaha kreatif atau yang lebih khususnya industri kreatif yang merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan ketrampilan, kreatifitas dan bakat individu dalam menciptakan kesejahteraan dan pemanfaatan lapangan pekerjaan.  Problem dalam pengelolaan UKM dan industri kreatif yang belum teratasi adalah masalah Intellectual capital. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam penilaian dan pengukuran knowledge asset (kekayaan/aset pengetahuan) tersebut adalah Intellectual Capital (Modal Intelektual) yang terdiri dari 3 elemen utama yaitu Human Capital, Structural Capital, dan Relational Capital. Industri kreatif merupakan industri yang mempunyai keunikan dan lebih menekankan kreatifitas, inovasi dan pemanfaatan bakat individu perlu mendapatkan pengelolaan yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan model, bagaimanakah komponen-komponen intellectual capital yang tepat, dan mendapatkan gambaran nyata kaidah Human Capital; Structural Capital serta Relational Capital untuk industri kreatif di Jawa Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah  pemilik/pengelola/pimpinan dari 5 sub sector industri kreatif yang berada di 9 kota di Jawa Timur (Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Mojokerto, Batu, Malang, Kediri, Blitar, dan Madiun)  dengan sampel sebanyk 45 sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Diagram Spider Plot. Berdasarkan hasil survey dan kajian menunjukkan bahwa aspek Pemetaan Intellectual Capital di 5 (lima) sub sector industri kreatif di Jawa Timur menunjukkan bahwa Relational Capital lebih dominan disusul oleh Human Capital, dan yang paling rendah adalah Structural Capital.

Published
2018-10-27