PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBUAT BUSANA ANAK SISWA KELAS X SMKN 1 PROPO

  • TRI MUTMAINNAH Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model pembelajaran langsung, media audio visual, hasil belajar membuat busana anak

Abstract

Penelitian dilakukan dikelas X Busana 1 SMK Negeri 1 Propopada sub kompetensi membuat busana anak. Model pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan metoda ceramah sehingga siswa kurang aktif dan merasa jenuh. Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran langsung dengan pengembangan media menggunakan audio visual tutorial agar siswa tidak bosan, sehingga dapat meningkatkan psikomotor dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1)mengetahui bagaimana aktifitas guru, 2)mengetahui bagaimana aktifitas siswa, 3)mengetahui hasil belajar siswa, dan 4)mengetahui respon siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran langsung meenggunakan media audio visual.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing- masing siklus terdiri atas tahap perenncanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan rata-rata, hasil belajar dan respon siswa menggunakan prosentase.Hasil yang diperoleh peneliti : 1) Aktifitas guru selama proses pembelajaran dua siklus secara besar mengalami peningkatan. Pada siklus I selama pembelajaran berlangsung siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran langsung. Namun untuk siklus II ada perbaikan dengan penggunaan media audio visual yang menarik minat siswa. 2) Aktifitas siswa proses pembelajaran dua siklus secara besar mengalami peningkatan. Pada siklus I selama pembelajaran berlangsung siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran langsung. Namun untuk siklus II ada perbaikan dan dapat menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 10 siswa yang tidak tuntas dari jumlah kesluruhan 30 siswa. Peningkatan terjadi pada siklus II siswa mencapai tuntas secara keseluruhan. 4) Respon siswa terhadap model pembelajaran langsung dengan menggunakan media audio visual pada sub kompetensi membuat busana anak memperoleh hal positif.

Published
2018-10-27