PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN PECUT (PENDAMPINGAN, EKSPLORASI, CERITAKAN, URAIKAN, DAN TERINTEGRASI) SEBAGAI OPTIMALISASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH

  • ABD. AZIS Universitas Negeri Surabaya
  • AGUSRIYANTI PUSPITORINI Universitas Negeri Surabaya
  • JIHAT NURRAHMAN Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model; Bahasa Indonesia; Pecut.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan "PECUT" sebagai upaya optimalisasi gerakan literasi sekolah di daerah perbatasan Sumenep-Pamekasan. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan dengan tahapan (1) studi pendahuluan,  (2) pengembangan model,dan (3) validasi model. Model Pembelajaran ini telah diujicobakan pada siswa kelas IV  SD di daerah perbatasan Sumenep dan Pamekasan. Dari hasil pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia yang diterapkan, diketahui bahwasanya terdapat rata-rata 92% dari siswa yang berada di daerah perbatasan Sumenep-Pamekasan dapat melakukan pembiasaan dalam gerakan literasi sekolah dengan sumber bacaan yang digunakan adalah teks bacaan tentang kisah atau cerita yang mengaitkan antara unsur budaya lokal  dengan materi pembelajaran.

Published
2018-10-27