MODEL BUKU TEKS BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI PENDIDIKAN DASAR

  • GANES GUNANSYAH Universitas Negeri Surabaya
  • NENI MARIANA Universitas Negeri Surabaya
  • SUPRAYITNO. . Universitas Negeri Surabaya
Keywords: etnopedagogi, tematik integratif, buku teks.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan buku teks melalui tematik integrative yang berbasis pada kajian etnopedagogis, (2) mendeskripsikan kualitas dan kelayakan bahan ajar, serta (3) mendeskripsikan implikasi literasi melalui tematik integrative yang berbasis pada kajian etnopedagogis (pemanfaatan local genius) untuk meningkatkan kompetensi utama dan mendukung profil mahasiswa di Jurusan PGSD FIP UNESA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui tiga tahap  yaitu pendahuluan, pengembangan dan eksperimen. Kegiatan tahun pertama  diawali  dengan  (a)  pengkajian  dan  identifikasi  berbagai hambatan/kendala terkait dengan praktek pembelajaran, (b) analisis capaian pembelajaran (learning outcomes) dan course learning outcomes dalam dokumen kurikulum on going, (c) mengembangkan model buku teks literasi lintas bidang studi berbasis etnopedagogis, (d) validasi model buku teks literasi, (e) ujicoba terbatas dan uji luas model buku teks literasi.  Hasilnya menunjukan secara umum, komponen kelayakan isi, kebahasaan, sajian dan kegrafikan sudah dinyatakan baik, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai tes mahasiswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran dan memperoleh tanggapan mahasiswa dan dosen yang positif.

Published
2018-12-31