PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN INDUSTRI KULINER CAFE AYAMAYAMAN DI KOTA BANDUNG

  • AKHMAD NIDHOMUZ ZAMAN Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • ALINA CYNTHIA DEWI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • MUHAMAD AS’ADI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
Keywords: Modul; Pangsa Pasar; Penambahan fasilitas

Abstract

Salah satu UMKM yang bergerak di bidang bisnis cafe pengolahan makanan dari ayam adalah Cafe Ayamayaman. Bisnis ini berada didaerah Jalan Tubagus Ismail Raya Bandung. Produk yang ditawarkan murni dari resep buatan sendiri dari Cafe Ayamayaman. Cafe Ayamayaman kedepanya berencana mengembangkan usahanya dengan franchise. Hasil analisa pengamatan bahwa Media Sosial sebagai Media Promosi dan Bukti Fisik Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Adapun indikator Media Sosial sebagai Media Promosi (media sosial tentang promosi menu-menu yang baru, fasilitas yang tertata rapi dan bersih, serta penataan ruang). Pada PKM ini terdapat 2 tahap: Tahap 1 pengamatan dan Tahap 2 Pembelian meja kursi serta Penataan tata letak, dan pelatihan dengan modul. Tujuan dari PKM ini adalah: Menambah serta menata fasilitas agar lebih menarik pelanggan dan pelatihan tentang manajemen permintaan yang berfungsi pada perkiraan dalam permintaan porsi makanan di tahun berikutnya dengan adanya manajemen permintaan bisa menjadi acuan dalam perencanaan kapasitas, perencanaan agregat, dan perencanaan bahan baku. Dengan hal tersebut diharapkan mampu menambah kenyamanan sehingga lebih menarik minat para pelanggan dan dapat memperkecil ketidak pastian dalam permintaan. Cafe Ayamayaman segera melakukan strategi: pengembangan pasar, pengembangan vertikal, dan pengembangan produk. Pelatihan berjalan dengan baik yang didukung dengan modul dan perusahaan akan melakukan manejemen permintaan step by step pada bulan berikutnya.

Published
2018-10-27