PENGEMBANGAN MODEL KELAS RANGKAP BERBASIS PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

  • ERFINIA DECA CHRISTIANI Universitas Negeri Surabaya
  • RARAN SUCI LESTARI Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kelas rangkap, berbasis proyek, toleransi, berpikr tingkat tinggi

Abstract

Permasalahan yang terjadi apabila rasio jumlah peserta didik lebih besar dari jumlah guru. Mengembangkan model kelas rangkap berbasis proyek merupakan salah satu langkah yang tepat. Model kelas rangkap tidak hanya memberikan tugas individu dan meminta siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas 5 dan 6 SD Mutiara Bunda Surabaya dengan tujuan mengembangkan sikap toleransi siswa dan kemampuan berpikir tngkat tinggi.  Produk yang dihasilkan berupa model pembelajaran kelas rangkap berbasis proyek untuk mengembangkan sikap toleransi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mempunyai tingkat kevalidan dan keterterapan. Modifikasi pengembangan dari model O’Malley & Pierce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi sebesar 4,5 dengan kategori valid untuk RPP, hasil pengamatan sikap dengan tingkat validitas 3,34 dengan kriteria validsedangkan lembar penilaian kemampuan berpikir tinggi memiliki hasil validasi sebesar 3,3 dengan kategori cukup valid. Pengembangan model kelas rangkap untuk mengembangan sikap toleransi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi, telah sesuai dengan landasan teoritik maupun penelitian terdahulu, dan telah dapat diterapkan pada tingkat Sekolah Dasar

Published
2018-10-27